Friday, November 5, 2010

Internet


Pengertian

Internet adalah sebuah sebutan untuk sekumpulan jarinan komputer yang menghubungkan situs akademi, pemerintahan, komersial, organisasi maupun perseorangan.

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


Manfaat Internet


1) Internet Sebagai Sarana Informasi
Dengan adanya internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka. Penyebaran informasipun semakin cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat di peroleh dalam sekejap.
2) Internet Sebagai Sarana Komunikasi
Melalui jasa internet, komunikasi dapat dengan cepat di lakukan. Baik melalui email maupun chatroom. Para pengguna internet dapat menjalinkomunikasi de3ngan rekan - rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu singkat dan biaya yang relatif murah.
3) Internet Sebagai Sarana Hiburan
Internet menawarkan pilihan hiburan yang melimpah. Dari game, lagu. video, horoskpo dan masih banyak lagi.

Keunggulan Internet
1) Komunikasi murah
2) Sumber informasi besar
3) Tantangan baru untuk berusaha
4) Keterbukaan tanpa sensor
5) Jangkauan tak terbatas

Kejahatan Dalam Internet (cybercrime)
1) Hacking : Usaha untuk memasuki jaringan dengan maksud mengeplorasi ataupn mencari kelemahan sistem jaringan.
2) Cracking : Usaha memasuki jaringan secara ilegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan pada jaringan tersebut.
Metode Cracker menyusup ke sebuah jaringan:
a. Soofing : Penyusupan dengan cara memalsukan identitas pemakai
b. Scanner : Menggunakan program yang dapat mendeteksi kelemahan jaringan
c. Sniffe : Aalat yang berfungsi sebagai penganalisis jaringan
d. Password Cracker : Program untuk membuka password
e. Destructive Device : Program berupa virus penghancur data
3) Cyber sabotage : bentuk kejahatan yang di lakukan untuk menimbulkan gangguan atau perusakan data dan program suatu jaringan.
4) Carding : Kejahatan dengan penipuan kartu kredit yang berupa pemalsuan kartu kredit atas nama orang lain.

Aplikasi Internet
1) World Wide Web (www) lebih populer dengan istilah Web, merupakan aplikasi internet yang paling digemari oleh pengguna internet.Web menjadi populer karena kemampuannya menyajikan objek multimedia pada halaman tampilan-nya, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber informasi yang memuat teks, gambar, suara, citra, dan video, yang diatur oleh program HTML (Hyper Text Markup Language). Hypertext dapat membentuk hyperlink yang memungkinkan seseorang berpindah dari satu tayangan Web ke tayangan Web lainnya. Setiap organisasi kini memiliki situs Web (Website), dengan alamat tertentu yang bisa diakses oleh sebuah browser (seperti Internet Explorer, NetScape, atau Opera).
2) Chatting adalah aplikasi yang digemari banyak orang terutama anak muda, karena memberi layanan berkomunikasi antar teman melalui internet (Internet Relay Chatting / IRC). Komunikasi yang dilakukan pada umumnya komunikasi teks, dimana dua orang yang sedang chatting akan ber-balas-balasan kalimat pendek yang diketik pada layar monitor.
3) Email adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang mengirimkan surat elektronik ke orang lain yang berada di lokasi yang berjauhan dengannya, dengan syarat keduanya memiliki koneksi ke internet.
4) File Transfer adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang men-transfer file data-nya dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan internet. Misalnya mengambil file dari suatu lokasi (download) atau mengirim file kesuatu lokasi (upload). Suatu protokol internet yaitu FTP (file transfer protocol) melayani proses pemindahan ini. File-file besar biasanya dikompress dulu sebelum disediakan dalam suatu FTP server, dalam format zip, tar.gz, atau hqx.

Akses Internet

Perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengakses internet yaitu komputer, modem, saluran telepon. Ada beberapa alternatif sambungan komputer:
a) Modem dial-up : modem yang di pasang di komputer, baik di dalam maupun di luar CPU
b) Modem Ponsel
c) Hotspot / WiFi. Hotspot adalah lokasi dimana user dapat mengakses melalui mobile computer (laptop atau PDA) tanpa menggunakan koneksi kabel dengan tujuan suatu jaringan seperti internet.

No comments:

Post a Comment